Manfaat Musik Untuk Bayi

1. Cara Belajar Baru

Otak anak dapat terhubung dengan musik secara otomatis, layaknya mempelajari bahasa atau kata baru, menurut Daniel Levitin, Ph.D., penulis buku This Is Your Brain on Music. Sambil mendengarkan musik, Si Kecil akan memperhatikan dan merekam lirik lagu yang dinyanyikan.

Sesekali, mereka akan mengoceh lirik lagu tersebut layaknya sedang bernyanyi. Hal ini tentu memberi efek baik untuk melatih daya ingat. Si Kecil juga bisa membuat alunan melodinya sendiri yang bisa Moms dukung dengan memberi tempo melalui tepukan tangan. Hal ini akan memperkuat minat anak pada musik di otak mereka.


2. Kedekatan yang Harmonis

Menurut Laurel Trainor, Ph.D., direktur McMaster Institute for Music and the Mind, Hamilton, Ontario, salah satu alat untuk mendekatkan orang tua dengan anaknya adalah dengan menikmati musik bersama. Sebuah penenlitian juga menunjukkan menikmati musik akan berefek pada produksi oksitosin sehingga sangat baik untuk ibu menyusui karena ASI yang dihasilkan menjadi lebih lancar.

Lagu yang didengarkan bersama Si Kecil juga bisa dari genre apa saja, karena semua musik baik untuk anak-anak. “Jika Anda memainkan musik kesukaan, maka perasaan senang bisa terasa dan Anda bisa mengajak anak untuk menyanyikannya bersama,” kata Dr. Trainor. Jadi, Anda tidak harus memutarkan lagu klasik dan yang bertempo lambat saja.

Lagu yang bertempo cepat yang mampu membuat tubuh bergoyang dengan sendirinya sangat bisa dinikmati bersama Si Kecil. Sebuah studi pun menemukan bahwa bayi yang bergerak sesuai irama akan lebih banyak tersenyum dan lebih tenang, dibandingkan ketika mereka hanya mendengarkan saja.


3. Mengingat Lirik Lagu

Memperdengarkan sebuah lagu dengan lirik sederhana dapat membantu anak lebih cepat berbicara. Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi yang ikut memainkan alat musik dan menggerakkan badan karena musik akan lebih mudah diajak berkomunikasi, bahkan di usia 12 bulan.
 

“Semakin ekspresif gerakan yang dibuat anak, semakin besar kemungkinan ia memiliki kemampuan bahasa yang baik,” jelas Dr. Trainor. Sebagai bukti, nantinya akan terlihat ketika Si Kecil dapat merepresentasikan kata yang dia tahu dengan gerakan sederhana.


4. Memahami Diri Sendiri

Mendengarkan musik ternyata membantu anak dalam memahami sesuatu yang mereka suka. Sebagai contoh, Moms dapat menyanyikan lagu “Twinkle, Twinkel Little Star” bersama Si Kecil. Jika mereka menunjukkan reaksi berupa gumaman manja dari mereka, maka kemungkinan itu adalah reaksi suka terhadap lagu tersebut.